Menu

Mode Gelap
 

Bungo · 15 Apr 2023

BPOM Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE Obat dan Makanan Bersama Anggota Komisi IX DPR RI Drs. H. Zulfikar Achmad


 BPOM Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE Obat dan Makanan Bersama Anggota Komisi IX DPR RI Drs. H. Zulfikar Achmad Perbesar

MUARABUNGO,PARADIGMAJAMBI.COM – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Jambi melaksanakan Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan bersama anggota Komisi IX DPR RI Drs. H. Zulfikar Achmad yang berlangsung di Dusun Purwo Sari, Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo, Sabtu (15/04). Kegiatan KIE tersebut dihadiri oleh anggota komisi IX DPR-RI Drs. H. Zulfikar Achmad di dampingi Ketua Koordinator Tim Dr. Darham Wahid, S.Pd., M.Pd, Kepala BPOM Provinsi Jambi yang diwakili Sub Koordinator Infokom Marhamah, SE, Camat Pelepat Ilir Ismatun, SH., Datuk Rio Purwo Sari Musril, dan Datuk Rio tetangga dalam Kecamatan Pelepat Ilir, Babinsa serta Babinkamtibmas.

Dalam kesempatan ini, Anggota Dewan Fraksi Demokrat dan juga merupakan mantan Bupati Bungo dua periode itu memberikan sosialisasi kepada warga Dusun Purwo Sari mengenai tips memilih obat dan makanan yang aman, seperti mengecek kemasan, label, izin edar serta tanggal kadaluarsa penggunaan obat dan makanan tersebut.

“Semoga dengan adonyo sosialisasi obat dan makanan Iko, kamu-kamu ko bisa tahu Mano obat dan makanan yang aman dan yang dakdo layak untuk di konsumsi,’ jelas ZA dengan logat daerahnya.

Lebih lanjut, ZA menuturkan bahwa sosialisasi pemberdayaan masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang produk Obat dan Makanan yang aman, layak dikonsumsi dan digunakan masyarakat tentunya sudah terdaftar di Badan POM.

Kepala BPOM Provinsi Jambi yang diwakili Sub Koordinator Infokom Marhamah, SE, menjelaskan paparan tentang bagaimana cara memilih obat dan makanan yang aman dan layak dikonsumsi, contoh – contoh produk Obat Tradisional yang tidak boleh dikonsumsi karena mengandung Bahan Kimia.

“Masyarakat sebaiknya membeli obat yang terdaftar di Badan POM karena dapat dipertanggung jawabkan atas kemananan produk-produk tersebut, pemerintah tidak dapat bertanggung jawab atas produk-produk ilegal yang beredar di pasar,” ujar Marhamah.

Jadi, lanjut Marhamah kalau warga sakit harus berobat ke dokter atau puskesmas terdekat, atau membeli obat ke apotik.”Ataupun kalau kita mau membeli obat hanya di warung-warung biasa, kita harus cek obat tersebut terdaftar tidak di Badan POM, ada tidak tidak izin edarnya. Dan itu ada tandanya seperti bodrek, paramek, dan komik itu tandanya warna hijau dan biru, kalau warnanya merah itu harus di konsumsi sesuai petunjuk dokternya.” Tutupnya.

Di tempat yang sama, Camat Pelepat Ilir Ismatun, SH., menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan ZA ke Kecamatan Pelepat Ilir. Berkat kebaikan hati ZA katanya warga mendapatkan pendidikan yang luar biasa terkait obat, makanan dan kosmetik yang layak dikonsumsi.

“Sudah sering sekali orang tua kita ini turun ke daerah, apa lagi untuk wilayah Kecamatan Pelepat Ilir ini sudah kesekian kalinya hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mensosialisasikan program yang membidangi beliau.” Ulasnya.

Dilain pihak Datuk Rio Purwo Sari Musril juga menyampaikan hal yang sama. Berterimakasih kasih kepada ZA yang sudah bersedia berkunjung dengan membawa program BPOM ke Dusun mereka.

“Beliau ini sangat dekat dengan masyarakat. Walaupun sudah menjadi anggota tinggi negara beliau masih sempat datang. Ini beliau lakukan sejak dulu,” kata Musril. (msn)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Dalam rangka Menyambut Hari Bhayangkara ke 78, Kapolres Bungo Tanam Pohon di Ketahanan Pangan Cetak Sawah Rantau Ikil

21 Juni 2024 - 13:33

Cegah Stunting, ZA Bersama BPOM di Jambi Sosialisasi Pangan Yang Aman Untuk Dikonsumsi

20 Juni 2024 - 12:35

Rp. 11,90 M, Pebaikan Jalan Dusun Talentam Dalam Proses Tender

10 Juni 2024 - 05:36

Sekda Bungo Drs Mursidi,MM, Menghadiri Pembukaan MTQ Ke-IX Tingkat Kecamatan Tanah Sepenggal Tahun 2024

7 Juni 2024 - 11:59

Perdana, Bupati Bungo H. Mashuri, SP., ME Lepas 165 Jama’ah Haji Kloter 23 Tahun 2024 Menuju Mekkah

3 Juni 2024 - 07:18

Kapolres Bungo AKBP Singgih Hermawan, S.I.K., M.A.P Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

1 Juni 2024 - 05:11

Trending di Bungo