Menu

Mode Gelap
 

Lintas Jambi · 26 Apr 2024

Manfaat BPJS Keliling, Ema; saya Dapat Langsung Mengurus dan Mendaftarkan Anggota Keluarga Ikut Program JKN


 Manfaat BPJS Keliling, Ema; saya Dapat Langsung Mengurus dan Mendaftarkan Anggota Keluarga Ikut Program JKN Perbesar

SAROLANGUN,PARADIGMAJAMBI.COM – Demi memudahkan akses pelayanan administrasi Program JKN kepada masyarakat Kabupaten Sarolangun, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo mengadakan kegiatan BPJS Keliling ke Puskesmas Limbur Tembesi, Kamis (29/02). Kegiatan BPJS Keliling disambut antusias oleh warga sekitar Puskesmas Limbur Tembesi, pasalnya tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan dapat mengakses layanan administrasi yang sama.

Layanan administrasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat diantaranya pendaftaran peserta baru, perubahan data peserta, pengecekan data peserta, dan pendaftaran Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB). Dengan antusias yang luar biasa, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menuturkan akan terus menjadwalkan kegiatan BPJS Keliling setiap minggunya dengan lokasi yang bergantian.

BPJS Keliling adalah pemberian layanan administrasi kepada peserta JKN dengan bertempat pada titik-titik keramaian pada suatu wilayah contohnya seperti puskesmas. Tujuan dari BPJS Keliling ini merupakan upaya untuk memberikan akses pelayanan administrasi JKN yang semakin mudah.

“Apresiasi sebesar-besarnya kepada warga sekitar Puskesmas Limbur Tembesi yang menghadiri kegiatan BPJS Keliling hari ini, serta memanfaatkan kemudahan layanan yang kami tawarkan. Alhamdulillah, melalui kegiatan ini akan dapat membantu memudahkan para warga yang hadir, khususnya peserta JKN. Warga yang hendak mengakses informasi dapat langsung berkonsultasi dengan Tim BPJS Kesehatan tanpa perlu jauh datang ke kantor. Sementara tercatat ada 31 kunjungan, dengan penambahan anggota keluarga, lalu ada yang memanfaatkan validasi data, konsultasi terkait pendaftaran Aplikasi Mobile JKN, serta cek tunggakan iuran,” kata Asfurina.

Asfurina menambahkan, bahwa bagi peserta JKN di Puskesmas Limbur Tembesi yang memiliki tunggakan iuran namun belum bisa untuk melunasi tunggakannya langsung, maka dapat memanfaatkan Program REHAB. Peserta JKN dapat mengakses Program REHAB dengan mendaftar terlebih dahulu melalui Aplikasi Mobile JKN, yang dapat diunduh di PlayStore dan AppStore, ataupun dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165.

“Saya imbau bagi peserta JKN yang memiliki tunggakan iuran, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena adanya Program REHAB. Bagi yang hendak mengunduh Aplikasi Mobile JKN dan mendaftar Program REHAB, akan dibantu oleh petugas BPJS Keliling. Peserta JKN yang mengikuti Program REHAB akan dipandu mulai dari pendaftaran Program REHAB, serta menghitung estimasi cicilan peserta JKN hingga lunas,” tambah Asfurina.

Salah seorang warga Limbur Tembesi yang hadir mengikuti kegiatan BPJS Keliling, Ema Royani mengatakan bahwa betapa senangnya ia ketika diberitahukan oleh petugas puskesmas bahwa akan ada kegiatan BPJS Keliling di Puskesmas Limbur Tembesi, sehingga Ia tidak perlu lagi mengurus administrasi mengunjungi kantor BPJS Kesehatan.

“Cukup jauh jika harus ke kantor BPJS Kesehatan, sekitar 45 menit sekali jalan. Kalau ke Puskesmas Limbur Tembesi dekat dari tempat tinggal saya. Jika harus ke kantor BPJS Kesehatan maka harus meluangkan waktu. Dengan BPJS Keliling ini saya bisa langusung menanyakan dengan petugas BPJS Kesehatan,” kata Ema Royani.

Ema Royani sendiri tengah mempersiapkan untuk kelahirannya. Sadar akan pentingnya jaminan kesehatan, ia segera mendaftarkan dirinya bersama suaminya sebagai peserta JKN.

“Selain mempersiapkan fisik, mental, dan kebutuhan perlengkapan bayi, tentunya kami tak lupa siapkan jaminan kesehatan karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Saya disarankan oleh petugas puskesmas untuk segera menjadi peserta JKN. Saya sendiri juga sudah lama ingin mendaftarkan menjadi peserta JKN. Beruntung dengan adanya BPJS Keliling, saya dapat langsung mengurus dan mendaftarkan anggota keluarga saya. Ternyata, pelayanan BPJS Kesehatan itu bukan hanya sekedar berobat yang ditanggung gratis, namun pelayanan administrasinya juga memudahkan para peserta JKN,” ucap Ema. (AS/ss)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kunker Ke Kabupaten Sumedang, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Teken MoU Dengan PJ Bupati Sumedang 

7 Juni 2024 - 12:28

Sekda Santuni Balita Stunting di Renah Pemenang, Fajarman Minta PMT Hurus Benar-benar Diberikan Kepada Anak Stunting

18 Mei 2024 - 03:21

Santuni Balita Stunting di Tabir, Pj Bupati Merangin Ajak Masyarakat Mampu Jadi Bapak Asuh Anak Stunting

16 Mei 2024 - 10:45

Merangin Mulai Fokus Garap Infrastruktur Geopark, H Mukti: Minggu Depan Jalannya Mulai Dimuluskan

9 Mei 2024 - 10:45

Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut dari BPK RI Jambi, Ini Harapan Bupati Bungo

7 Mei 2024 - 18:32

Gelar Rakor Rembuk Stunting TPPS Sarolangun, Angka Prevalensi Stunting Turun Drastis Dari 16,8 Persen menjadi 4,8 Persen

3 Mei 2024 - 07:01

Trending di Lintas Jambi