Menu

Mode Gelap
 

artikel · 16 Jul 2023

Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah


 Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Perbesar

ARTIKEL,PARADIGMAJAMBI.COM – Manajemen Sekolah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional. Kepala sekolah harus menunjukkan fungsinya sebagai dua peran besar yaitu peran sebagai manajer dan peran sebagai pemimpin.

Menurut UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB I pasal 1 ayat 1 “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara  aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.

Nah, berdasarkan uraian Undang Undang diatas untuk mencapai tujuan dari Pendidikan nasional  seorang kepala sekolah harus mampu Merumuskan dan menerapkan visi, misi, dan tujuan sekolah, Kepala sekolah merencanakan kegiatan sekolah dan mengawasi pelaksanaannya. Mereka memastikan bahwa program dan kegiatan sekolah berjalan sesuai dengan rencana strategis yang telah ditetapkan. Kepala sekolah mengelola sumber daya sekolah, termasuk anggaran, fasilitas, peralatan, dan materi pendidikan. Mereka merencanakan penggunaan anggaran secara efisien, memastikan pemeliharaan fasilitas, dan mengatur pengadaan peralatan dan bahan ajar.

Tugas-tugas tersebut memberikan gambaran umum tentang peran kepala sekolah dalam manajemen dan pengelolaan sekolah. Namun, peran kepala sekolah dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kebijakan setiap sekolah.
Lantas, apa saja kendala yang sering dihadapi kepala sekolah? Salah satu kendala utama adalah keterbatasan sumber daya, termasuk anggaran yang terbatas, fasilitas yang kurang memadai, dan keterbatasan personel.

Kepala sekolah harus mengelola sumber daya yang ada dengan bijaksana dan mencari cara kreatif untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Konflik dan tantangan personal: Kepala sekolah mungkin menghadapi konflik antara staf, siswa, atau orang tua. Mereka juga dapat menghadapi tantangan personal dalam menjalankan tugas manajemen, seperti beban kerja yang tinggi, stres, dan tuntutan yang beragam. Perubahan sosial dan kemajuan teknologi mempengaruhi dunia pendidikan. Kepala sekolah perlu mengikuti perkembangan ini dan memastikan bahwa sekolah mengadopsi teknologi dan mempersiapkan siswa untuk dunia yang terus berubah. Mengelola perubahan ini dapat menjadi tantangan.

Mengatasi kendala-kendala ini membutuhkan keterampilan manajemen yang baik, kemampuan komunikasi yang efektif, fleksibilitas, dan kepemimpinan yang kuat. Kepala sekolah harus beradaptasi dengan perubahan, mencari solusi inovatif, dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk mencapai keberhasilan dalam manajemen sekolah.

Penulis:
Dodi B, Kepala SD Negeri 211/II Tuo Limbur,
Mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan UNDHARI

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Dunia Kerja dan Proses Kehidupan

5 Oktober 2023 - 13:08

“Saya Guru Pemarah”

12 Juli 2023 - 12:00

Kelebihan dan Kekurangan Penerimaan Peserta Didik Baru dengan Sistem Zonasi

11 Juli 2023 - 07:19

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan HP di Sekolah

11 Juli 2023 - 02:48

Seberapa Besar Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Membentuk Karakter Anak

10 Juli 2023 - 13:46

Trending di artikel

Sorry. No data so far.