Menu

Mode Gelap
 

Lintas Jambi · 20 Feb 2023

Pj Bupati Tebo H. Aspan Sidak Puskesmas Ada Apa?


 Pj Bupati Tebo H. Aspan Sidak Puskesmas Ada Apa? Perbesar

MUARATEBO,PARADIGMAJAMBI.COM – Pj Bupati Tebo H Aspan mengakui risih atas pengaduan masyarakat langsung kepadanya, mengakui tidak mendapat pelayanan maksimal dari rumah sakit/puskesmas. Terutama mereka pasien peserta kelas 3, yang iurannya dibayar pemerintah daerah.

“Mereka lapor saya, harus ada surat keterangan miskin dari kades baru ditangani, Parahnya lagi, sebelum mengantongi surat dimintai dana pribadi,” ujarnya.

Padahal dikatakan Pj Bupati pemerintah daerah membayar Rp 6 milyar untuk tagihan BPJS kesehatan, belum lagi yang dibiayai oleh provinsi dan pusat. Agar tidak muncul lagi kasus serupa, ia mengingatkan kepada rumah sakit dan puskesmas agar memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien BPJS kesehatan, mengutamakan pasien BPJS tanggung jawab pemerintah.

“Semua puskesmas diminta agar dinomorsatukan pasien BPJS kesehatan yang iurannya dibayar oleh pemerintah,” pintanya.

Terkait persyaratan menunjukkan mereka masuk pasien yang ditanggung pemerintah, puskesmas diminta memegang data keluarga peserta BPJS Kesehatan yang menjadi tanggung jawab pemerintah, daerah, provinsi dan pusat.

pertemuan, Senin (20/2/2023) saat kunjungan kerja ke kecamatan Tengah Ilir, ia melakukan Sidak di Puskesmas Mangumpeh. Beruntung pihak puskesmas bisa menunjukkan data yang ia maksud.

Pantauan dilapangan , pihak puskesmas mengakui sudah mendapat instruksi dan sudah memegang data masyarakat yang masuk kategori miskin BPJS kesehatan kelas 3 yang ditanggung pemerintah daerah.

Dipaparkan, tercatat sebanyak 1.082 KK yang ditanggung pemerintah daerah untuk empat desa, belum masuk yang ditanggung APBD provinsi dan pusat.

Ini yang saya mau semua data masyarakat yang masuk kategori BPJS kesehatan kelas 3 sudah tersimpan. Jadi tidak usah lagi buat mereka susah. Suatu saat puskesmas lain akan saya mampiri dan saya tidak mau lagi ada keluhan masyarakat sampai mengadu ke saya” fungsinya. (ANS)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kunker Ke Kabupaten Sumedang, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Teken MoU Dengan PJ Bupati Sumedang 

7 Juni 2024 - 12:28

Sekda Santuni Balita Stunting di Renah Pemenang, Fajarman Minta PMT Hurus Benar-benar Diberikan Kepada Anak Stunting

18 Mei 2024 - 03:21

Santuni Balita Stunting di Tabir, Pj Bupati Merangin Ajak Masyarakat Mampu Jadi Bapak Asuh Anak Stunting

16 Mei 2024 - 10:45

Merangin Mulai Fokus Garap Infrastruktur Geopark, H Mukti: Minggu Depan Jalannya Mulai Dimuluskan

9 Mei 2024 - 10:45

Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut dari BPK RI Jambi, Ini Harapan Bupati Bungo

7 Mei 2024 - 18:32

Gelar Rakor Rembuk Stunting TPPS Sarolangun, Angka Prevalensi Stunting Turun Drastis Dari 16,8 Persen menjadi 4,8 Persen

3 Mei 2024 - 07:01

Trending di Lintas Jambi