Menu

Mode Gelap
 

Lintas Jambi · 28 Sep 2023

Sosialisasi BPOM, ZA ingatkan masyarakat teliti sebelum konsumsi obat dan makanan


 Sosialisasi BPOM, ZA ingatkan masyarakat  teliti sebelum konsumsi obat dan makanan Perbesar

BANGKO,PARADIGMAJAMBI.COM – Anggota Komisi IX DPR RI Drs. H. Zulfikar Ahcmad (ZA) mengingatkan masyarakat, khususnya warga Desa Rantau Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin untuk lebih cerdas dan teliti jika mengkonsumsi obat, makanan, dan kosmetik agar tidak membahayakan kesehatan.

“Saat ini banyak beredar makanan, obat, dan kosmetik, yang mudah didapatkan dari media sosial. Kami imbau warga untuk selektif mengkonsumsi, ikuti aturan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM),” ujar ZA saat sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi informasi dan edukasi keamanan obat dan makanan, Kamis (28/09).


Menurutnya, masyarakat perlu diberikan pemahaman mengenai obat, makanan, dan kosmetik, sebelum membeli. Karena itu edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan obat, makanan, dan kosmetik, sangat penting guna melindungi kesehatan mereka.  

“Kadang kita ingin memperoleh obat, makanan, dan kosmetik, dengan mudah dan murah. Perlu ketelitian dalam membelinya. Untuk itu saya bawa mitra kerja saya BPOM untuk mengedukasi masyarakat terkait hal itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPOM Provinsi Jambi Veramika Ginting, S.Si., Apt, MH, juga mengingatkan masyarakat agar memastikan obat, makanan, dan kosmetik yang dibeli telah lolos uji kesehatan karena saat ini banyak produk yang beredar tanpa izin dan mengandung bahan kimia berbahaya.

Sebelum membeli produk yang akan dikonsumsi, kata dia, masyarakat perlu melakukan melakukan sejumlah hal. Pertama, cek kemasannya apakah masih bagus dan tidak robek. Kedua, cek label makanan atau obat itu apakah jelas komposisinya, cara makan, dan lainnya. Ketiga cek izin edarnya di BPOM dan keempat cek masa kedaluwarsa apakah masih berlaku atau tidak.

“Jangan tergoda dan tertipu dengan obat, makanan dan kosmetik yang murah, meskipun itu herbal,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Rantau Limau Manis Aswani menyambut baik sosialisasi penggunaan obat dan makanan dari anggota DPR RI bersama BPOM.

“Semoga apa yang disampaikam pemateri bisa bermanfaat bagi warganya.” Ulasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Komisi IX DPR RI fraksi partai Demokrat Drs. H. Zulfikar Ahcmad (ZA) didampingi oleh Ketua Koordinator Tim ZA Dr. Darham Wahid, S.Pd., M.Pd, Kepala BPOM Provinsi Jambi Veramika Ginting, S.Si., Apt, MH, Kepala Desa Rantau Limau Manis Aswani, Desa Tunggul Bulim, BPD dan Ratusan Peserta sosialisasi. (msn)

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kunker Ke Kabupaten Sumedang, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Teken MoU Dengan PJ Bupati Sumedang 

7 Juni 2024 - 12:28

Sekda Santuni Balita Stunting di Renah Pemenang, Fajarman Minta PMT Hurus Benar-benar Diberikan Kepada Anak Stunting

18 Mei 2024 - 03:21

Santuni Balita Stunting di Tabir, Pj Bupati Merangin Ajak Masyarakat Mampu Jadi Bapak Asuh Anak Stunting

16 Mei 2024 - 10:45

Merangin Mulai Fokus Garap Infrastruktur Geopark, H Mukti: Minggu Depan Jalannya Mulai Dimuluskan

9 Mei 2024 - 10:45

Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut dari BPK RI Jambi, Ini Harapan Bupati Bungo

7 Mei 2024 - 18:32

Gelar Rakor Rembuk Stunting TPPS Sarolangun, Angka Prevalensi Stunting Turun Drastis Dari 16,8 Persen menjadi 4,8 Persen

3 Mei 2024 - 07:01

Trending di Lintas Jambi