Menu

Mode Gelap
 

Bungo ยท 25 Jun 2023

ZA Edukasi Warga Pasar Muara Bungo Tentang Pengawasan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)


 ZA Edukasi Warga Pasar Muara Bungo Tentang Pengawasan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) Perbesar

MUARABUNGO,PARADIGMAJAMBI.COM – Setiap upaya pembangunan kesehatan harus dilandasi dengan wawasan kesehatan, dalam arti pembangunan nasional harus memperhatikan kesehatan masyarakat dan merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Pembangunan masyarakat merupakan upaya memenuhi salah satu hak dasar rakyat yaitu hak memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 1998 tentang Pengamanan Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan, Pemerintah berkewajiban melindungi masyarakat dari bahaya yang disebabkan oleh penggunaan sediaan farmasi dan alat kesehatan yang tidak tepat serta yang tidak memenuhi persyaratan mutu, keamanan dan kemanfaatan sebagai salah satu upaya dalam pembangunan kesehatan.

Sebagai salah satu pelaksanaan amanat tersebut, Anggota DPR RI Komisi IX Drs H Zulfikar Achmad (ZA) bersama Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan melalui Direktorat Pengawasan Alat Kesehatan dan PKRT mengadakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi pengawasan alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) kepada warga Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Minggu (25/06).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Anggota DPR RI Komisi IX Drs H Zulfikar Achmad ZA datang bersama Ketua Tim Kegiatan Dr. Darham Wahid, S.Pd., M.Pd bersama anggota Tim Kegiatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Semagi Hotel ini juga dihadiri oleh Direktorat Pengawasan Alat Kesehatan RI Helsy Fahlemy, S.Farm., APT., M.Farm, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Robi Kurniawan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Saat di wawancarai awak media, Anggota DPR RI Komisi IX Drs H Zulfikar Achmad (ZA) didampingi Ketua Tim Kegiatan Dr. Darham Wahid, S.Pd., M.Pd mengatakan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan penggunaan alat kesehatan dan PKRT tersebut dan dapat memberikan manfaat yang optimal.

Ia menghimbau agar masyarakat lebih waspada terhadap Alkes dan PKRT yang beredar di masyarakat dan jangan termakan oleh isu dengan harga murah. Beliau juga meminta masyarakat agar tidak lupa mengecek Nomor Izin Edar produk yang akan mereka pakai.

Sementara itu, Direktorat Pengawasan Alat Kesehatan RI Helsy Fahlemy, S.Farm., APT., M.Farm mengatakan bahwa Pertemuan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi pengawasan alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) dimaksudkan untuk mengurangi berbagai permasalahan di masyarakat dalam penggunaan Alkes dan PKRT diantaranya seperti kurangnya kesadaran masyarakat dalam membaca dan memahami petunjuk penggunaan yang tertera pada produk sehingga menyebabkan kesalahan dalam penggunaan dan peruntukannya, serta memberikan pembelajaran untuk mencermati berbagai iklan PKRT yang beredar agar tidak menjadi korban iklan yang kurang bertanggungjawab.

“Semoga edukasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Pasar Muara Bungo dan sekitarnya.” Tutupnya. (msn)

Artikel ini telah dibaca 97 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Dalam rangka Menyambut Hari Bhayangkara ke 78, Kapolres Bungo Tanam Pohon di Ketahanan Pangan Cetak Sawah Rantau Ikil

21 Juni 2024 - 13:33

Cegah Stunting, ZA Bersama BPOM di Jambi Sosialisasi Pangan Yang Aman Untuk Dikonsumsi

20 Juni 2024 - 12:35

Rp. 11,90 M, Pebaikan Jalan Dusun Talentam Dalam Proses Tender

10 Juni 2024 - 05:36

Sekda Bungo Drs Mursidi,MM, Menghadiri Pembukaan MTQ Ke-IX Tingkat Kecamatan Tanah Sepenggal Tahun 2024

7 Juni 2024 - 11:59

Perdana, Bupati Bungo H. Mashuri, SP., ME Lepas 165 Jama’ah Haji Kloter 23 Tahun 2024 Menuju Mekkah

3 Juni 2024 - 07:18

Kapolres Bungo AKBP Singgih Hermawan, S.I.K., M.A.P Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

1 Juni 2024 - 05:11

Trending di Bungo